Rabu, 17 Agustus 2022

Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri Dengan Ongkir Amerika Ke Indonesia

 
Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri

Mengekspor barang merupakan salah satu kegiatan usaha yang didambakan oleh para pelaku usaha. Pengusaha tentunya ingin bisnisnya berkembang sehingga bisa meraup keuntungan yang banyak. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperluas jangkauan pasar mereka dengan mengekspor barang-barang yang mereka hasilkan.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis yang Anda mulai, Anda harus mempertimbangkan untuk mengekspor bisnis. Bagi UKM atau Usaha Kecil Menengah tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ekspor. Ekspor sering diartikan sebagai kegiatan pemasaran dalam bisnis yang memiliki tahapan-tahapan yang rumit.

Sebagian besar pengusaha menganggap ekspor identik dengan biaya tinggi, kental dengan anggapan bahwa berurusan dengan kepabeanan akan rumit, dan jumlah barang yang akan diekspor harus dalam jumlah banyak atau minimal satu kontainer. Namun, kegiatan ekspor yang dilakukan dengan baik akan membawa kesuksesan dan keuntungan yang besar. 

Kegiatan ekspor tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan pangsa pasar pelaku usaha di Indonesia, tetapi juga untuk meningkatkan penerimaan negara. Dalam mengekspor, ada beberapa tahapan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. 

Anda perlu mempelajari dan memahami dengan baik seluk beluk ekspor. Langkah ini penting untuk Anda lakukan, mengingat kegiatan ekspor melibatkan Anda serta para pelaku bisnis dari luar negeri. Selain itu, Anda juga perlu memahami berbagai kebijakan dan aturan terkait bisnis yang Anda jalankan, baik yang berlaku di dalam negeri maupun di negara tujuan Ekspor Barang Anda.

Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri

Berikut ini Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri Dengan Ongkir Amerika Ke Indonesia, di antarannya:   

1. Cari Tahu Tentang Barang Yang Anda Ekspor

Yang pertama Anda harus mencari tahu apakah produk yang Anda ekspor termasuk barang yang dilarang untuk diekspor oleh pemerintah Indonesia. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengeceknya pada link yang telah disediakan dan Anda akan mendapatkan informasi mengenai izin barang dan pajak. Pastikan juga barang yang ingin Anda ekspor dapat masuk ke negara yang Anda tentukan. 

2. Mencari Pembeli Produk Di Luar Negeri

Dalam proses ini Anda dapat merespons dengan membuat tim pemasaran atau dengan membuat situs web untuk memperkenalkan perusahaan dan produk Anda. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan barang atau produk Anda di e-commerce internasional atau di platform yang biasanya digunakan di negara tujuan Anda.
 

3. Siapkan Barang Dan Dokumen Penting

Jika sudah menemukan pembeli, segera siapkan barang dan dokumennya. Selanjutnya Anda wajib memberitahukan ke Bea Cukai dengan membawa dokumen PEB dan dokumen pendukung lainnya. 

4. Mendapatkan NPE

Jika Bea Cukai telah menyetujui barang ekspor Anda, Anda akan mendapatkan NPE. Dari sini Anda bisa melakukan stuffing barang untuk dikirim ke negara tujuan.
Proses Pengiriman 

Sejalan dengan proses kepabeanan di bea cukai, Anda dapat memproses pengiriman barang yang akan dikirim. Anda bisa menyiapkan barang ekspor di gudang eksportir, membuat dokumen terkait pengiriman seperti invoice dan packing list. 

Pengepakan barang sesuai standar yang telah Anda sepakati dengan pembeli, pemuatan barang ke dalam peti kemas, mempersiapkan truk untuk membawa peti kemas ke pelabuhan, dan kemudian memuat barang ke kapal atau pesawat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa PLB atau Pusat Logistik Berikat yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk seluruh perusahaan Indonesia. 

Demikian ulasan tentang Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri Dengan Ongkir Amerika Ke Indonesia, semoga bermanfaat.





EmoticonEmoticon