Jumat, 13 Maret 2020

Pengauditan Energi untuk Efisiensi Penggunaan Listrik

Pengauditan Energi untuk Efisiensi Penggunaan Listrik


Apa sebenarnya audit energi listrik itu? Dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan pasokan listrik, mengakibatkan munculnya terobosan-terobosan terbaru yang diciptakan untuk menghemat penggunaan listrik. Salah satu terobosan yang dipakai adalah memakai metode audit energi. Audit energi pada listrik sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi dari pemakaian energi listrik. Berikut tahapan-tahapan serta manfaat audit pada energi listrik.

Tahapan Audit Energi Listrik

Sebelum melakukan audit energi listrik, terdapat beberapa tahapan-tahapan yang harus Anda ketahui dan lewati terlebih dahulu. Keseluruhan tahapan audit tersebut perlu Anda perhatikan dengan saksama, agar tidak terjadi permasalahan nantinya. Tahapan-tahapan tersebut antara lain:

1. Audit energi awal, yakni mengumpulkan serta menyusun data historis energi yang dipakai dari tahun sebelumnya dengan menghitung Intensitas Konsumsi Energi (IKE) lalu membandingkannya.

2. Audit energi rinci, yakni melakukan penelitian serta konsumsi energi listrik jika diketahui terdapat indikasi pemborosan dari tahapan sebelumnya. Kemudian, bandingkan dengan hasil pengukuran standard IKE, berikutnya lakukan identifikasi Peluang Hemat Energi (PHE). 

3. Implementasi, dari hasil yang didapat setelah analisis PHE dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan melakukan monitoring serta evaluasi pada implementasi hasil.

Beragam Manfaat Audit Energi Listrik

Setelah mengetahui tahapan audit listrik, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menerapkan metode tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui secara keseluruhan tentang audit energi. Diantaranya adalah:

- Bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan perusahaan mengenai efisiensi pemakaian energi.

- Bermanfaat untuk menghemat beragam sumber energi yang tidak dapat diperbaharui kembali, seperti minyak bumi dan batu bara. Dengan begitu, beberapa sumber energi yang tidak dapat diperbaharui bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya.

- Bermanfaat untuk menghitung biaya dari energi yang tidak terpakai atau terbuang. Sehingga proses penghematan energi listrik menjadi lebih maksimal.

Setelah mengetahui beberapa tahapan-tahapan serta manfaat dari audit energi listrik, sangat penting untuk memilih layanan audit energi yang tepat, agar jika terjadi masalah bisa segera teratasi. Kini, Sewatama hadir membawa layanan test load genset berkala yang berfungsi untuk mempermudah Anda dalam audit energi. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi laman https://sewatama.com/id sekarang juga!




EmoticonEmoticon