Senin, 07 Oktober 2019

Agar Makin Percaya Diri, Ikuti 7 Cara Menghilangkan Bau Badan Ini

Agar Makin Percaya Diri, Ikuti 7 Cara Menghilangkan Bau Badan Ini

Salah satu kondisi yang membuat kebanyakan orang jadi tak percaya diri saat beraktivitas adalah menguatnya bau badan yang tak sedap. Jika Anda memiliki bau badan tak sedap, tak jarang orang lain pun enggan untuk berdekatan dengan Anda. Umumnya, yang jadi penyebab bau badan adalah produksi keringat berlebih. Untuk mengatasinya, ikuti 7 cara menghilangkan bau badan berikut ini. 

1. Gunakan Antiperspiran untuk Mengurangi Keringat 

Antiperspiran mengandung komponen berbahan aluminium yang berfungsi untuk menutupi pori kulit tempat di mana kelenjar keringat berada. Dengan begini, maka jumlah keringat yang tentunya dapat menyebabkan bau tubuh yang tak sedap bisa berkurang. Untuk hasil terbaik, gunakan antiperspiran sebelum tidur, terutama di bagian yang kerap berkeringat seperti ketiak. 

2. Gunakan Deodoran untuk Menghilangkan Bau 

Banyak yang salah kaprah dengan menyamakan antiperspiran dengan deodorant. Antiperspiran berguna untuk mengurangi produksi keringat, sedangkan deodoran untuk mengusir bau badan yang tak sedap. Deodoran umumnya mengandung alkohol dan membuat kondisi kulit, khususnya bawah ketiak menjadi asam. Kulit dengan kondisi asam membuat bakteri penyebab bau enggan mendekat. 

3. Mandi dengan Rutin 

Mandi dengan rutin, setidaknya dua kali dalam sehari dapat menghilangkan bau tak sedap yang menguar dari badan Anda. Jika misalnya tubuh Anda merupakan tipe yang kerap berkeringat, maka tak masalah jika mandi lebih sering. Tak lupa juga, gunakan sabun yang mengandung anti bakteri, agar bakteri penyebab bau badan tak dapat berkembang. Badan pun bisa jadi lebih segar.   

4. Kenakan Pakaian yang Terasa Sejuk di Tubuh 

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan mengenakan pakaian dari bahan yang sejuk dan dapat melancarkan udara dari dan ke dalam tubuh. Untuk kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda menggunakan pakaian berbahan katun atau sutra, yang terbukti dapat menjaga kesejukan tubuh. Tubuh yang terasa sejuk dan bebas dari keringat, tentu akan jauh dari bau tak sedap. 

5. Hindari Pengonsumsian Makanan Penyebab Bau Badan 

Makanan yang Anda konsumsi dengan rutin setiap hari bisa menjadi penyebab tubuh mengeluarkan bau yang tak sedap. Jadi, ada baiknya Anda menghindari pengonsumsian makanan penyebab bau badan tersebut.  Beberapa makanan yang dapat memicu bau badan seperti makanan pedas, makanan yang banyak mengandung bawang putih, serta alkohol dan kafein yang berlebihan.

6. Rutin Mencukur Bulu Ketiak 

Tak bisa dipungkiri kalau ketiak yang berkeringat merupakan sumber utama dari bau badan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencukur bulu ketiak secara rutin. Bulu ketiak yang lebat membuat bau tak sedap lebih cepat diserap, sehingga baunya jadi menguar. Cukurlah bulu ketiak secara rutin karena makin sedikit bulu ketiak, maka akan semakin sedikit bau tak sedap yang diserapnya. 

7. Jaga Kondisi Tubuh agar Tetap Rileks 

Stres atau tekanan yang Anda hadapi membuat kelenjar keringat bekerja lebih ekstra dibanding biasanya. Alhasil, produksi keringat pun jadi melimpah dan menyebabkan tubuh mengeluarkan bau tak sedap. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjaga tubuh agar bisa tetap rileks. Anda bisa berlatih untuk menjaga ketenangan tubuh dan pikiran, dengan cara meditasi atau pun yoga. 

Jangan sampai bau badan yang tak sedap membuat Anda dijauhi oleh teman ataupun kerabat. Jika Anda menyadari badan mengeluarkan bau tak sedap, maka sesegera mungkin lakukan cara menghilangkan bau badan yang telah dipaparkan sebelumnya. Jika badan berbau harum dan terasa sejuk, tentu Anda akan lebih nyaman untuk bergaul dan menjalankan aktivitas sehari-hari. 


EmoticonEmoticon